AL-QURAN ITU BERISI KONSEP-KONSEP KEHIDUPAN, JANGAN BERHENTI DI HAFALAN

AL-QURAN ITU BERISI KONSEP-KONSEP KEHIDUPAN, JANGAN BERHENTI DI HAFALAN

Oleh: Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini.id)

Kita patut bersyukur, bahwa gerakan menghafal al-Quran semakin berkembang di tengah masyarakat kita. Gerakan "tahfidzul Quran" ini perlu semakin ditingkatkan kualitasnya, sehingga meningkat menjadi "tafhiimul Quran", dan "tathbiqul al-Quran". Sebab, al-Quran adalah Kalamullah. Membaca saja mendapatkan pahala. Apalagi memahami dan menerapkannya dalam kehidupan.

Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT adalah sebagai petunjuk untuk semua manusia (QS 2:183). Sebagai petunjuk, al-Quran mengandung konsep-konsep kehidupan, yang membimbing manusia untuk senantiasa berada di jalan yang lurus. Misalnya, tentang konsep Tuhan, konsep kenabian, konsep kebenaran, konsep manusia, konsep kebahagiaan, konsep kesuksesan, konsep pendidikan, konsep ekonomi, dan sebagainya. Konsep-konsep itu ada yang dijelaskan secara terperinci dalam al-Quran, dan ada pula yang dijelaskan oleh Rasulullah saw, dalam bentuk sunnah-sunnah beliau.

Sebagai muslim, yang telah mengikrarkan dua kalimah syahadat, maka kita yakin benar akan kebenaran dan keunggulan konsep-konsep al-Quran. Misalnya, konsep tentang manusia. Jelas sekali, bahwa manusia adalah hamba Allah dan khalifatullah di muka bumi. (QS 2:30). Tujuan utama manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah SWT (QS 51:56). Kisah Nabi Adam a.s. dengan Iblis menjadi pelajaran berharga, bahwa pertarungan antara manusia dan Iblis beserta pengikutnya (setan-setan), adalah pertarungan abadi, sepanjang zaman. (QS 6:112).

Lanjut baca,

https://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/al-quran-itu-berisi-konsep-konsep-kehidupan,-jangan-berhenti-di-hafalan

 

Dipost Oleh Super Administrator

Admin adianhusaini.id

Post Terkait

Tinggalkan Komentar