PIDATO REVOLUSIONER NADIEM MAKARIM

PIDATO REVOLUSIONER NADIEM MAKARIM

Oleh: Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini.id)

    Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengangkat masalah pendidikan dan kebahagiaan dalam pidatonya, 2 Mei 2021. Kata Menteri Nadiem: "Terlalu lama pemikiran Ki Hajar Dewantara tidak kita manfaatkan sepenuhnya. Pendidikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia haruslah menuju arah lahirnya kebahagiaan batin serta juga keselamatan hidup. Esensi mendasar pendidikan haruslah memerdekakan kehidupan manusia. Mulai hari ini, pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia tersebut haruslah kita jiwai dan kita hidupkan kembali agar lekas tercipta pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, serta terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati."
    Itulah sebagian isi pidato Menteri Nadiem Makarim. Sebagai seorang menteri yang berasal dari jalur professional, kita bisa berharap bahwa pidato Nadiem Makarim itu bukan sekedar ungkapan kata-kata indah tanpa pijakan dan rencana aksi yang nyata. Bahwa, Pendidikan harus menuju kepada lahirnya "kebahagiaan batin dan keselamatan hidup". 
    Katanya, sudah ada upaya perbaikan yang terus dikerjakan Kemendikbud Ristek bersama berbagai elemen masyarakat. Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Keempat, perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.
    Bahkan, kata Menteri Nadiem, "Sejak saya menjabat sampai dengan saat ini, termasuk pada masa pandemi, sepuluh episode Merdeka Belajar telah diluncurkan dan akan masih banyak lagi terobosan-terobosan Merdeka Belajar yang akan kita lakukan. Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan."

Lanjut baca,

https://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/pidato-revolusioner-nadiem-makarim

 

Dipost Oleh Super Administrator

Admin adianhusaini.id

Post Terkait

Tinggalkan Komentar